Sabtu, 03 Maret 2018

Smartphone Baru Bermunculan Terus: Daya beli masyarakat menurun

Siapapun tahu bahwa perkembangan teknologi tidak akan bisa dibendung, teknologi dan inovasi baru terus berkembang. Begitulah yang terjadi pada perponselan. Dari waktu ke waktu, vendor selau berlomba-lomba memperkenal produk-prouk baru mereka, dari memori yang tinggi hingga dual kamera sampai AI (ariticial intelligence).

Ajang perhelatan MWC 2018 di Barcelona sudah memperkenalkan produk-produk baru, sebut saja Samsung Galaxy S9 dan S9+ yang jadi perhatian. Tidak hanya memori yang ditingkatkan tapi juga kameranya. Nah, dengan berbagai macam produk baru bermunculan, apakah konsumen lantas pasti membeli produk-produk tersebut? Belum tentu.

Dari hasil riset pasar BayStreet Research saja, menunjukkan siklus konsumen mengganti ponsel lama ke ponsel baru di USA jadi makin lama, yang tadinya 23 bulan di tahun 2014 menjadi 31 bulan sekarang. Maka dari itu tidak mengherankan juga bahwa tren pertumbuhan penjualan smartphone cenderung menurun. Suatu lembaga riset pasar Gartner melaporkan bahwa pada kuartal 4, 2017, penjualan smartphone dunia mengalami penurunan untuk pertama kali sejak tahun 2014.

Konsumen juga makin menahan diri untuk beli smartphone baru. Smartphone lamanya masih dipertahankan. Apalagi smartphone baru yang bermunculan tidak membawa fitur baru yang berguna dirasakan konsumen dan harganya pun jadi semakin mahal untuk fitur-fitur terkini.

Sampai saat inipun saya masih bertahan memakai Moto Z Play. belum ada rencana ganti smarpthone. Kalau saya pribadi tidak terlalu memusingkan fitur baru, intinya tidak ada kendala, spesifikasi menengah ke atas atau tas dan harga terjangkau. Kalau mau coba kita bandingkan, Samsung Galaxy S9 itu harganya di atas Rp10 juta dengan OnePlus 3T, justru memori OnePlus 3T ini lebih tinggi dan harganya pun lebih terjangkau. Memang sih, tidak semua konsumen berlaku sama. Untuk saya, lebih ke harga yang terjangkau tapi spesifikasi tidak kalah dengan brand lain yang premium.

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2018/03/02/14150087/konsumen-makin-menunda-beli-smartphone-baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...