Selasa, 13 Maret 2018

Dari Hasil penelitian Terbaru: Manusia tidak akan mati hanya karena ponsel dalam jangka panjang

Beberapa waktu lalu, ada penelitian tentang radiasi ponsel, tapi dari sekian banyak tak ada satupun yang bisa membuktikan bahwa radiasi ponsel bisa membunuh manusia. Penelitian terbaru dari National Toxicology Program (NTP) di USA menyebutkan radiasi ponsel tidak akan membunuh manusia secara langsung.

NTP menjelaskan bahwa paparan energi radiasi frekuensi ponsel yang dihasilkan merupakan radiasi non-ionisasi. Kalau radiasi ionisasi tidak akan menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan 
sel kanker, pada radiasi non-ionisasi justru menyebabkan peningkatan suhu dalam jaringan.

Dari hasil ujicoba kepada tikus, membandingkan tikus yang dipaparkan radiasi frekuensi dengan yang tidak sama sekali, hasilnya kedua-duanya tetap sehat dan dan bertahan hidup. Untuk tikus yang dipapari radiasi frekuensi dengan dosis lebih tinggi juga sebagian mampu bertahan hidup lebih lama, sebagian lagi mati lebih cepat.

Tapi hasil riset ini tidak bisa menunjukkan bukti nyata kalau radiasi frekuensi ponsel bisa membunuh manusia. Walaupun demikian bukan berarti radiasi frekuensi ponsel itu aman. Peneliti senior, Dr. Bucher menyebutkan penggunaan jangka panjang akan menimbulkan aktifitas karsinogenik yang bisa memicu risiko kanker.

Sumber: tekno.kompas.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...