Jumat, 09 Maret 2018

Di Cina Sudah Bisa Pakai eSIM: Canggih ya

Setelah sekian lamanya, SIM card yang dari seukuran kartu ATM terus menyusut, hingga menjadi nano SIM, bentuk yang lebih kecil dari micro SIM. Kini, sudah ada operator yang menerapkan eSIM (embedded SIM), chip yang ditanamkan di dalam perangkat. Dengan demikian, tidak memakai SIM card fisik lagi. Operator seluker tersebut adalah China Unicom di Cina.

Ya, China Unicom menjadi yang pertama kali melucurkan eSIM. Promosi penggunaan eSIM diselenggarakan di Shanghai, Shenzen, Guangzhou, Zhengzhou dan Changsa. 

Dengan eSIM, konsumen tidak perlu lagi kartu fisik, eSIM ini bisa digunakan di dua perangkat yang berbeda meski dalam satu nomor. Kelebihan eSIM ini, chip menyimpan profil operator di suatu perangkat yang bisa diganti ke beda-beda operator tanpa harus ganti kartu.

Untuk perangkat yang mendukung eSIM saat ini baru Apple Watch 3 series. Dan produk Apple ini menjadi yang pertama yang mendukung.

Belum ada informasi apakah vendor lain akan ikut meramaikan eSIM. 

Menarik sekali, ini justru menghemat pengeluaran kartu fisik dan tentunya lebih simpel. Entah kapan ini kapan diterapkan di Indonesia, mungkin masih lama.

Sumber: tekno.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...