Sabtu, 03 Maret 2018

Pure Android/Stock Android: Tanpa bloatware




Dari sekian Android yang saya pakai, baru satu smartphone di Moto Z Play yang saya pakai ini yang menggunakan pure Android/Android murni. Kesannya? Bagus, tidak ada bloatware (aplikasi bawaan yang biasanya ditanamkan dari vendor, misalnya di ponsel Samsung Galaxy ada yang namanya Samsung Apps, S Health), kemudian cepat, tampilan sederhana, mayoritas background menu aplikasinya putih. Aplikasi yang ada bisa di-scroll ke bawah untuk melihat keseluruhan aplikasi.

Ya, bagus sih, cuma kelihatan sederhana saja, background putih jadi ciri khasnya. Memori intrenal juga lebih lega dibanding yang bukan pure Android. Lebih cepat dapat update software (tapi Moto Z Play ini belum dapat update Android Oreo), tidak ada iklan-iklan, Itu beberapa kelebihannya. Sebagian besar aplikasinya ini serba dari Google, semisal Calender, Messenger, Google Photos, Docs/Sheet/Slide, Contacts, dsb.

Sejauh ini Motorola Moto Z Play belum kendala. Oh ya, pernah alami satu kendala di mana aplikasi kamera bawaan tidak mau buka (kadang tampil layar gelap) dan ada keterangan "restart apps". Penyakit itu saya temukan di versi Android Marshmallow, setelah update ke Android Nougat 7.0 sampai 7.1.1, tidak muncul lagi gejala tersebut.

Tidak banyak smarpthone Android yang menggunakan pure Android, untuk Moto Z series salah satunya yang memakai Android murni. Untuk smartphone kelas atasnya ada Googe Pixel. Menurut saya tampilan tidak akan berbeda, hanya beda spesifikasinya saja. Lagipula untuk ukuran Android murni dengan RAM 3 GB, sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan browsing, sosial media, game. Untuk lebih baiknya sih memang RAM 4 GB yang rekomendasi.  Kita lihat saja, siapa tahu suatu saat Google Pixel harganya turun atau ada smarpthonr brand lain dnegan spesifikasi tinggi tapi menggunakan pure Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...