Selasa, 19 Juni 2018

Xiaomi Sering Pakai Startegi Flash Sale Dalam Menjual Smartphone Ternyata Ada Alasannya

Sudah sering kita dengan bahwa Xiaomi menerapkan flah sale dalam menjual produk-produknya, baik itu kategori produk low end maupun yang high end. Ternyata ada alasan dibalim strategi flash sale tersebut.

Seorang analisa industri, Pan Jiutang menganalisa bahwa alasan Xiaomi memakai strategi tersebut karena Xiaomi belum punya rantai pasokan yang besar seperti Apple, Samsung. Jadi, Jiutang memperkirakan bahwa rantai pasokan Xiaomi itu kecil, sehingga tidak mengimbangi permintaan smartphone yang tinggi.

Strategi flash sale yang diterapkan Xiaomi menjadi jalan keluar agar produknya bisa terjual dengan baik, Tetapi tentu, flash sale ada kekurangannya, karena dalam hitungan menit bahkan bisa dalam hitungan detik, produk yang dipasarkan sudah ludes terjual. Di lain sisi, karena stok yang tersedia hanya sedikit, tidak akan mampu memenuhi permintaan yang besarnya bisa lebih dari 5 kali lipat pasokan Xiaomi. Kemudian, XIaomi juga memakai cara lain, yakni diversifikasi produk. Jadi, dengan diversifikasi produk, peminat / fans Xiaomi punya beberapa pilihan dalam memilih produk Xiaomi.

Meskipun demikian, Jiutang mengatakan, bila Xiaomi tidak meningkatkan pasokannya, maka tentunya Xiaomi akan kehilangan momentum di penjualan ponsel terbarunya Xiaomi Mi 8. Smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 menjadi smartphone yang banyak diminati. Bila rantai pasokannya saja kurang, tentu penjualan produk Xiaomi akan menjadi terbatas dan berefek pada tdiak terpenuhinya banyaknya permintaan akan smarpthone Xiaomi.

Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...