Minggu, 10 Juni 2018

Beli MicroSD Bila Ada Dana Lebih, Lebih Bagus Yang Original, Supaya di Ponselnya Tidak Ada Kendala






Selama saya memakai microSD pada smarpthone di Android, seingat saya baru kali ini alami microSD-nya agak error. Awalnya saya menduga, permission pada ponsel Xiaomi yang ribet dan buat pusing pengguna. Pada hasil screenshot yang saya tampilka itu, untuk File Manager bawaan, tiap kali mau salin file, pindah (cut/move) dari memori internal ke microSD card gagal. Bahkan file yng sudah dipindah ke microSD kemudian coba dihapus juga ternyata gagal.

Saya tes pakai ES File Manager itu, tidak bisa. Kalau via File Manager bawaan selalu muncul permintaan 'permission required', ikuti petunjuknya tetap saja permission required. Untuk file yang sudah ada di microSD, dipindah ke memori internal, tapi kalau dikembalikan (dari internal ke microSD) lagi pasti gagal. Setelah saya format microSD saya, kembali normal tetapi tidak berselang lama kemudian, error lagi setelah saya pindahkan file berkapasitas di atas 700 MB ke microSD. File tersebut berhasil pindah ke microSD, tapi lantas, microSD jadi error, saya tes pindahkan file musik ke microSD ditolak, file di atas 700 MB dipindah balik ke memori internal gagal juga (tidak bisa), dihapus juga keterangannya 'task fail'.

Mau tidak mau akhirnya saya format microSD lagi. Tes pindah file, semisal musik mp3, bisa, coba beberapa file semisal 4 file mp3 sekaligus bisa, tidak ada kendala. Ternyata yang jadi sumber masalahnya ada di microSD.

Menurut saya microSD Sandisk yg saya beli nggak orifinal. Buktinya setelah ganti microSD, hasilnya lebih bagus, nggak ada error. Bicara microSD, kalau ori biasanya ada hologram, ada logo distributor dsb. Tetapi ada kalanya juga microSD yang tanpa logo (diragukan keasliannya) tetap bisa dipake, contohnya waktu saya masih pake microSD Vgen. Itu bagus waktu itu.

Memang sih, microSD murah tidak bisa menjamin bagus nggaknya, setidaknya saya jadi tahu. Kalau microSD Sandisk tipe seperti gambar di atas nggak cocok di Redmi Note 5A kalau yang bukan asli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...