Senin, 09 April 2018

Masalah Boros Baterai Pada Smartphone: Tergantung penggunaan mayoritas

Pengguna smartphone tidak jarang mengeluhkan kalau baterai pada ponselnya jadi boros. Biasanya itu bisa dari sisi penggunaan dan juga dari aktivitas ponsel itu sendiri. Saya baca di internet, beberapa alasan yang menyebutkan baterai boros di antaranya ada update software, aktivitas aplikasi yang berjalan di background, kemudian ada Bluetooth, dan GPS aktif.

Ya, empat hal di atas bisa menjadi pemicunya. Untuk update software, ada sebagian ponsel yang sudah upgrade software, baterai jadi lebih boros, saya ambil contoh iPhone 5s, dari iOS 10 ke iOS 11, beda, itupun sejumlah pengguna iPhone ada yang mengalami hal yang sama.

Aplikasi yang berjalan di background itu memang jadi salah satu yang buat baterai boros. Tentunya kalau pengguna memakai Facebook, Twitter, Instagram, BBM, WeChat dsb, sudah pasti aplikasi itu berjalan di background. Kalau dibatasi akibatnya tidak bisa menerima notifikasi atau pesan masuk secara real time. Selain itu, banyaknya aplikasi berjalan di background juga memakan porsi RAM yang cukup besar. Kalau ponselnya berspesifikasi low end, akan terjadi lag.

Bluetooth dan WiFi, itu buat boros juga. Untuk Bluetooth sekarang ini mungkin pengguna agak jarang pakai. Pengguna lebih banyak memakai WiFi di ruang yang tersedia WiFi. Selain hemat kuota internet, kecepatan WiFi sebagian lokasi lebih baik dibanding seluler.

Kemudian GPS. Kalau pengguna sering travel, sering pakai aplikasi semacam Grab, Gojek, yang satu ini menurut saya perlu. Untuk menentukan lokasi tujuan menjadi hal yang mutlak bisa menggunakan aplikasi ojek online.

Sumber: liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...