Kamis, 13 Desember 2018

Xiaomi Mi 5s MIUI 10.1.0 (NAGMIFI)







Pertengahan November lalu, Xiaomi Mi 5s menerima notifikasi update sistem MIUI 10 setelah beberapa kali saya temukan notifikasi tersebut hilang sendiri tiap kalu diklik. Notifikasi update MIUI 10 pada Mi 5s juga tidak diberikan secara serentak. Ada duluan, ada juga yang belakangan.

Menurut saya MIUI 10 ini tampil dengan tampilan yang sangat menarik. Ada sedikit perubahan pada menu-menu di dalam Settings, ada perubahan pada suara-suara juga, notifikasi, suara alam (nature sound). Kemudian bunyi ponsel saat mengisi baterai dan lepas charger juga berubah. Untuk bunyi lepas charger suaranya pelan sekali tapi masih bisa terdengar. Sebelumnya di MIUI 9, jika posisi ponsel sedang dalam pengisiann baterai, maka terdapat informasi sisa waktu pengisian. Namun semenjak MIUI 10, info detil seperti dihilangkan. Tampilan multitasking untuk melihat recent apps yang telah dibuka sebelumnya juga jadi berbeda.

Dari segi performa, tidak ada yang jauh berbeda, memang sih RAM bebas terlihat lebih besar dibanding MIUI 9, namun dalam prakteknya sama saja. Saya amati CPU-nya hanya 2 yang aktif bekerja, sisa 2 CPU lain tertidur (sleeping). Waktu masih di MIUI 8.5.4.0 (MIUI 8), CPU core ada 4 yang bekerja, sebagian beasr user Mi 5s juga mengamini hal yang sama. Entah kenapa setelah MIUI 8.5.4.0, jadi dua CPU core yang bekerja. Ini di terjadi di rom global stable, itupun masih berbasis Android Nougat. Kalau untuk rom global beta, sudah ada rom versi Android Oreo dan CPU core 4 bekerja, namun konsekuensinya baterai jadi lebih boros.

Ada yang baru, seperti enterprise mode, ini untuk perushaaan. Kamera juga ada portrait mode di kamera belakangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...