Selasa, 04 Februari 2020

Time To Say Goodbye For BlackBerry Android Phone?


Lama tidak merilis ponsel baru lagi, setelah BlackBerry KEY2 LE sudah hampir bisa diprediksi bahwa TCL selaku pemegang hak merk dagang dan lisensi BlackBerry sudah mencapai 'puncaknya' dan mungkin saja tidak akan melanjutkan produksi ponsel baru lagi. Dugaan ini ternya benar.

Baru-baru ini di Twitter cuitan BlackBerry mengindikasikan hal tersebut. TCL akan menghentikan produksi ponsel BlackBerry pada bulan Agustus 2020 nanti. Dari pernyataan @BBMobile di Twitter, dikatakan bahwa BlackBerry dengan sangat menyesal harus memberitahukan tanggal 31 Agustus 2020, partner TCL akan menghentikan produksi ponsel dengan merk BlackBerry, artinya pada saat tanggal tersebut, dipastikan TCL tidak akan punya hak untuk mendesain, memproduksi dan menjual ponsel bermerk BlackBerry, namun mereka akan tetap memberikan dukungan untuk ponsel BlackBerry yang sudah ada seperti KEYOne, KEY 2 KEY 2 LE, Motion hingga 31 Agustus 2022.

Tidak disebutkan alasan TCL berhentu memproduksi ponsel BlackBerry. Namun, melihat dari pangsa pasarnya yang menurun, penjualan yang tidak memenuhi ekspetasi, bisa menjadi salah dugaan kalau TCL berhenti. Di samping itu, ada pula rumor yang mengatakan kalau TCL ingin produksi ponsel sendiri. TCL sendiri memegang lisensi BlackBerry untuk memproduksi ponsel dengan merk BlackBerry dari tahun 2016. Selama perjalanannya hingga tahun 2019, ada beberapa ponsel yang diproduksi seperti KEYOne, KEY 2, Motion, KEY 2 LE, namun perjalanannya ini tidak mulus, hingga menyatakan akan menghentikan produksi BlackBerry di tahun 2020.

Nah, BlackBerry Merah Putih juga sudah bertahun-tahun tidak ada kabarnya sejak dirilisnya BlackBerry KEYOne tahun 2017, ini sudah 3 tahun lamanya tidak ada ponsel BlackBerry baru bergaransi resmi setelahnya. Bisa jadi, ini menandakan bahwa ponsel BlackBerry untuk negara Indonesia juga tidak akan lagi, tinggal menunggu waktu saja, bila sudah tidak ada dukungan update untuk KEYOne lagi dan tidak ada ponsel baru yang hadir, hampir bisa dipastikan nasibnya akan sama dengan TCL.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...