Sabtu, 22 Februari 2020

Operator Etisalat Matikan Layanan BlackBerry Internet Services



Beberapa operator mungkin saja masih ada yang bertahan dengan layanan BlackBerry Internet Services (selanjutnya disingkat BIS). Ya, layanan ini memang sempat populer sejak BlackBerry berjaya di masa-masanya. Namun, apa daya, setelah BlackBerry kalah bersaing, mengharuskannya menghentikan produksi ponsel dan menyerahkannya ke pihak ketiga.

Namun, pihak ketiga, TCL misalnya, tidak luput dari kekalahan bersaing dengan vendor ponsel dari Cina yang agresif. Nah, Etisalat UAE, salah satu operator telekomunikasi di Uni Emirat Arab pun menyatakan akan menghentikan layanan BIS per tanggal 10 Maret 2020. Keputusan penghentian layanan ini tidak mempengaruhi ponsel BlackBerry yang mengandalkan OS BlackBerry maupun BlackBerry Android. Pengguna ponsel masih bisa menggunakan layanan operator pada paket internet lain.

Ya, sejak pamor BlackBerry menurun, tidak banyak pengguna ponsel yang masih bertahan pada ponsel BlackBerry dengan OS BlackBerry 10, sebagian dari mereka sudah beralih ke Android maupun iOS. Nah, tentunya layanan BIS menjadi tidak terpakai. Bila suatu saat penggunanya makin sedikit yang memakai layanan tersebut, tentu operator akan mematikan layanan tersebut karena dinilai tidak membawa keuntungan yang banyak dibanding pengguna Android/iOS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...