Selasa, 24 Juli 2018

Bug Vivo V5 Plus Mungkin: Saya alami saat di FunTouch 3.6.0

Gangguan (bug) pada ponsel memang pasti ada. Jarang sekali ada ponsel yang tidak ada gangguannya, apapun gangguan tersebut. Saat pertama kali menyalahkan Vivo V5 Plus, ponsel tersebut menggunakan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 dengan versi FunTouch 1.8.2. Hampir bisa dikatakan tidak ada kendala, saya hanya menemukan pada dial pad V5 Plus, bila mengetika angka dengan cepat, maka ponsel akan telat merespon dan gagal mengikuti kecepatan tangan mengetik. Tekan dua angka di dial pada bersamaan tidak akan bisa. Jadi kalau mau mengetik nomor 0812345 dst misalnya, mengetiknya tidak boleh cepat, karena sistem dial pad tidak bisa baca cepat.

Kekurangan pada lambatnya respon dial pad sudah diperbaiki dengan kehadiran update FunTouch 3.6.0 yang membawa sistem operasi Android Nougat 7.1.2. Ternyata setelah pemakaian beberapa lama kemudian, saya kembali menemukan bug lagi. Yang saya tahu hampir tiap kali selesai dari WhatsApp call, maka volume media suaranya jadi mengecil. Misalkan yang seharusnya bunyinya 50% jadi berkurang 40%. Jadi kalau misalkan volume media (musik) dinyalakan 50% sudah cukup terdengar jelas, jadi seolah-olah suara sangat kecil seperti diseting menjadi 10%. Kalau sudah begitu, volume dikeraskan sampai full, terdengarnya seperti 60%.

Anehnya, bila saya sentuh speed up icon (fitur untuk membebaskan RAM. Di ponsel Xiaomi setahu saya ada juga), maka suara yang mengecil tadi akan kembali normal. Tapi suatu saat kemudian, bug suara mengecil itu akan muncul lagi. Begitu saya sentuh speed up icon, akan kembali normal lagi, begitu seterusnya. Bila saya tidak menyentuh speed up icon, bug suara mengecil itu saya perhatikan bisa kembali normal sendiri setelah lebih dari 2 jam.

Bug suara mengecil itu hanya terjadi pada volume media dan volume ringtone saat tes dengarkan suaranya di menu Settings, tetapi bila ada telepon masuk, maka suara ringtone yang keluar dari Vivo V5 Plus tetap kencang seperti biasanya. Tetapi setelah telepon masuk itu dimatikan, ponsel tersebut kembali ke bug suara mengecil. Jadi, volume suara akan mengecil bila bug itu muncul tetapi tidak berlaku untuk suara nada dering apabila ada telepon masuk ke Vivo V5 Plus baik itu telepon biasa maupun melalui aplikasi semacam WhatsApp. Aneh juga bukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...