Sabtu, 08 Juni 2019

Sistem Operasi Alternatif Huawei Sedang Diuji

Koran berbahasa Inggris di Cina, Global Times melalui Twitter menulis bahwa Huawei tengah menyiapkan sistem operasi alternatif guna menghadapi kemungkinan terburuk soal pemakaian OS Android.

Sistem operasi buatan sendiri ini dinamai Hongmeng OS di Cina, namun di luar Cina disebut Oak OS. Kemungkinannya akan dirilis pada Agustus atau September tahun ini. Huawei tengah mengetes sistem operasinya sendiri dengan intensif saat ini. Bukan tanpa sebab Huawei menyiapkan sistem operasi sendiri, berbagai tekanan yang diterima Huawei sejak pemerintah Amerika Serikat melakukan blacklist Huawei dan melarangnya bertransaksi baik dalam bentuk software maupun hardware dengan perusahaan asal Amerika, membuat Huawei bisa kehilangan masa depan nasib ponsel-ponselnya.

Bisa dibayangkan apa jadinya bila ponsel Huawei di masa depan hadir tanpa aplikasi-aplikasi dari Google, tentu jadi tidak menarik lagi. Di sisi lain, Hongmeng OS atau Oak OS yang sedang diuji bukan berarti bisa langsung sukses. Tentu ada banyak tantangan yang akan dihadapi, semisal dukungan aplikasi, bagaimana menggaet developer agar mau membuat aplikasi di store aplikasinya.

Sumber: androidauthority. com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...