Sabtu, 25 Maret 2017

Antivirus di Android



Android karena sistemnya open source, jadi rentan kena malware, biasanya begitu yang selama ini saya baca di internet. Tapi selama saya pake Android dan saya baca komentar-komentar yang pake Android ternyata cuek saja, aman-aman saja tanpa antivirus, baik yang sudah root maupun belum root.

Kalau saya lebih suka nggak root, karena kan kalau sudah root, celah keamanannya terbuka. Tapi saya masih suka pasang antivirus, bukan ke scan virus tujuan utamanya, tetapi ke anti theft. Sekarang antivirus app kebanyakan support anti theft. Dari yang pernah saya coba, antara McAfee, Kaspersky dan Norton Mobile Security. Saya lebih suka McAfee Security and Booster.

McAfee pengalaman saya pake cukup bagus, saya udah tes, kunci hp, bunyikan alarm, bisa. Di McAfee itu kalau hp dikunci, begitu di unlock screen akan meminta PIN, bila salah 10 kali, maka ponsel benar-benar kekunci. Ada pengaturannya bisa nambah kontak yang dipercaya supaya saat kunci total McAfee mengirim pesan ke kontak yg didaftarkan.

Untuk Kaspersky Internet Security hampir sama dengan McAfee. Kalau nomor baru didaftarkan (buat akun), biasanya dapat trial selama 30 hari bisa pakai semua fitur.
Untuk Norton Mobile Security, saya kurang suka dengan yang satu ini, fitur penguncinya kurang bagus, begitu lock dari PC, ponsel tetap bisa unlock screen (hanya kunci layar, bukan pakai PIN seperti McAfee).

Supaya bisa berjalan optimal, maka di menu dalam Settings harus aktifkan fitur accessibility. Untuk di ponsel Vivo, nggak bisa berjalan di background seterusnya, mungkin karena kurang cocok, padahal RAM 4 GB atau juga karena sistem di ponsel tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...