Sabtu, 22 September 2018

Review Saya Mengenai BlackBerry Aurora




BlackBerry Aurora, dirilis tahun 2017 dengan harga perdana Rp3,5 jutaan, kini turun jauh hingga Rp1,5 jutaan. Ya, siapa sangka ternyata ponsel mid end ini harganya bisa turun jauh sampai menjadi seharga ponsel low end. Pertengahan September ini saya beli BlackBerry Aurora. Kesannya, menarik, harhs murah, spesifikasi bagus.

Soal desain bagi saya bagus, casing belakang materialnya plastik. Untuk memasukkan SIM card harus buka casing belakang. Didesain seperti ponsel Android tahun 2011-an, tidak pakai PIN ejector. Di bagian belakang ponsel akan terlihat baterai yang sudah tertanam (non removable). Atasnya sisi kiri ada slot SIM card 2 dan microSD, sisi kanannya slot SIM 1. Bagian sisi kiri ponsel ada tombol power, sedangkan sisi kanan atas volume di bawahnya ada tombol khusus shorcut buka aplikasi (convenient key) yang bisa dikustomisasi mau aplikasi apa yg dibuka.

Bagian depannya ponsel tertutup layar penuh yang sebelah kiri kanannya agak cembung (2,5D). Nyaman digenggam.





Di sisi software, Aurora hadir dengan sistem operasi Android Nougat 7.0 murni (seperti Moto Z series). Menariknya tampilan Android murni ini bisa dipilih agar background berwarna hitam. Di Moto Z Play hanya bisa putih. Tampilan keyboard khas BlackBerry. Untuk mengetik sih oke banget, tampilan virtual keyboard berwanrna hitam, saran tampilan kata-kata juga oke, untuk susun kalimat kalau dalam bhs Inggris, cepat.

Karena Android murni, saya sudah terbiasa dengan tidak ada namanya Gallery, diganti dengan Photos, kemudian beberapa aplikasi bawaan itu dari Google. Aplikasi BBM jadi bawaan, tidak bisa dihapus. Yang sangat menarik adalah BlackBerry Hub service, yang menyatukan SMS, WhatsApp, Telegram, Skype, email dalam satu aplikasi, Hub. Jadi apapun itu bila ada pesan atau notifikasi masuk, bisa juga dibaca secara singkat pesan yang masuk melalui Hub. Ciri khas BlackBerry tidak hilang, di mana bila ada masuk notifikasi, maka aplikasi yang bersangkutan akan terdapat bintang merah di sebelah kanan atas icon, lalu LED merah notifikasi ponsel akan menyala berkedip-kedip.

BlackBerry Aurora sudah menerima update ke Android Nougat 7.1.1. Ya, untuk dukungan update menurut saya BlackBerry Aurora ini kurang diperhatikan. Untuk Android Oreo, sepertinya tidak diberikan secara resmi oleh BlackBerry. Beda dengan KEYOne yang dapat upgrade ke Android Oreo.

Karena prosesornya Snapdragon 450, lalu RAM 4 GB dan memori 32 GB. Untuk mengetik, multitasking oke banget, jarang ada lag. Tapi untuk gaming, tidak bisa berharap banyak. Game ringan sih oke, tapi kalau game berat tidak cocok. Untuk main game AOV saja bila diseting tampilan gambar dan partikel ke mode high, maka game jadi tersendat-sendat, lemot.

Tidak ada kendala dengan WiFi, telepon, messaging, internet, YouTube, semua berjalan lancar. Untuk hasil kamera sudah bagus, terang, ada tampilan HDR, profesional, kemudian hasil ambil hanya ada 2 pilihan: 720p dan 1.080p. Musik oke juga, suara yang keluar cukup bagus.

Kelebihannya:
1. Harga sudah murah saat ini, dapat memori 32 GB dan RAM 4 GB
2. BlackBerry Hub bagus, menyatukan email, WhatsApp, Telegram, dalam satu aplikasi. Email sangat bagus
3. Multitasking bagus, buat kerja, chatting, browsing, oke
4. Produk dirakit di Indonesia, bergaransi resmi, sudah memenuhi TKDN
5. Hasil kamera cukup terang, bagus
6. Paket penjualan dalam boks terdapat headset dan gratis kartu perdana Smartfren

Kekurangannya:
1. Susah cari temper glass yang cocok untuk layar BlackBerry Aurora agar tertutup menyeluruh
2. Dukungan update sistem operasi kurang banyak
3. Charging time lama, tidak ada fitur fast charging
4. Posisi default software ponsel tidak bisa menampilkan persentase baterai. Jadi untuk tahu baterai sisa berapa persen harus tarik notifikasi atas ke bawah
5. Kadang buka aplikasi Akulaku, Bluetooth ponsel bisa menyala sendiri

1 komentar:

realme GT Neo6 Pakai Charger 120W

  Dalam waktu dekat kabarnya realme akan meluncurkan smartphone baru dengan nama realme GT Neo6 SE yang akan menggunakan chipset Snapdragon ...