Selasa, 11 Oktober 2016

Sering Charge Ponsel Via Powerbank? Sebaiknya Kurangi

Saya sendiri belum pernah beli power bank, tapi pernah charge sekali di power bank. Muncul beragam power bank dengan berbagai merk dan kapasitas, serta harga terjangkau tentu membawa angin segar bagi pemilik smartphone. Pengguna yang sering bepergian, tidak membawa charger, menganggap power bank adalah hal yang wajib di saat bepergian ke suatu tempat, tidak ditemukan colokan listrik atau baterai ponsel sedang low battery, perlu pengisian segera, di sinilah power bank menjadi suatu kewajiban.

Tapi, sering charge smartphone pakai power bank bisa berdampak buruk pada ponsel.

1. Baterai ponsel jadi cepat rusak
Ini suka diperdebatkan juga. Baterai ponsel sedang diisi, tapi ponsel tersebut ikut dipakai juga, entah sosial media, browsing internet, YouTube, misalnya. Akibatnya baterai ponsel bekerja dua kali. 

2. Daya power bank tidak stabil
Pabrikan power bank memang sudah mendesain kapasitas power bank nya masing-masing. Tapi tetap saja dayanya tidak stabil. Power bank itu kan tidak didesain untuk cocok untuk ponsel tertentu. Beda halnya dibanding charger bawaan, yang memang sudah didesain sesuai peruntukkannya. Power bank baterai juga, kalau sudah habis, ya harus diisi juga. Bisa juga kan supply nya jadi menurun.

3. Kayaknya perlu perhatikan outputnya
Saya sendiri belum pernah coba. Tapi kalau misalkan power bank outputnya 2,4A, tapi ponsel yang mau diisi baterai itu outputnya 1A. Bisa jadi lama-lama ponsel yang diisi panai power bank 2,4A jadi rusak baterainya, karena tidak sesuai.

Paling bagus sih, power bank digunakan untuk keadaan darurat saja atau saat berada di lokasi yang tidak terdapat colokan listrik.

Sumber: wahanarupa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...