Rabu, 12 Oktober 2016

Kebutuhan RAM pada ponsel Android di saat ini

Dari pengalaman saya pakai ponsel Android sampai beberapa kali melakukan penggantian ponsel Android. Makin lama justru kebutuhan akan RAM makin meningkat. Dari tahun 2011 waktu Android sudah berkembang pesan, kebutuhan RAM 512 MB masih mencukupi, tapi seiring perkembangan zaman dan aplikasi yang up to date, kapasitas RAM di masa lalu dan kini justru berbeda jauh.

Di tahun 2013 RAM 512 MB sudah mulai kurang mencukupi, beberapa vendor mulai menggelontorkan ponsel Android dengan kapasitas RAM 1GB hingga 2 GB. Kini, di tahun 2016, RAM 2 GB pun saya masih merasakan belum mencukupi. Ini saya alami pada ponsel Meizu M2 note dan Huawei P8 lite di tahun 2016.

Beberapa user biasanya mengaitkan ini dengan faktor banyaknya aplikasi yang berjalan dan bloatware yang banyak tertanam pada ponsel tersebut. Ya, itu bisa jadi faktor pemicunya. Pada kasus Huawei P8lite saya, meski saya sudah kurangi aplikasi yang berjalan. Tidak ada BBM, tidak ada Facebook, tetap saja ada waktu di mana ponsel tersebut mengalami lag, bahkan pada OS Marshmallow pun pernah saya alami lag parah.

Sistem UI, aplikasi, biasanya jadi faktor utamanya. Aplikasi yang up to date memaksa ponsel harus mempunyai kapasitas RAM yang tinggi. Android, sistem yang open source ini memang digandrungi banyak orang karena mudah dicustomisasi dan bebas instal aplikasi dari luar web store. Beda sekali dengan iPhone, manajemen RAM pada Android kurang begitu bagus, sehingga tidak mengherankan bila suatu saat Android dengan kapasitas RAM 2 GB ataupun 3 GB tidak akan leluasa lagi.

Dari pengalaman saya pakai Android, RAM 2 GB saat ini tidak cukup lagi, harus ditingkatkan lagi menjadi 3 GB atau 4 GB.

3 komentar:

  1. Sebenarnya, kebutuhan akan besar kapasitas RAM amat bergantung dari gaya dan kebutuhan pengguna ponsel itu sendiri, saya ambil contoh, jika pengguna ponsel menginstal aplikasi sosial media seperti Whats App, BlackBerry Messenger, Instagram, Path dan beberapa aplikasi sosial media lainnya tetapi si pengguna tersebut tidak terlalu banyak aktif di akun media sosial miliknya, tidak juga bergabung pada grup-grup di aplikasi sosial media pada ponsel, saya pikir besar RAM 1GB hingga 2GB sudah sangat memadai Nik.

    Thank you for posting this article. Nice Post....

    BalasHapus
  2. Apalagi untuk kebutuhan penyimpanan data sudah dapat dicover dengan kartu memori mikro (Micro Secure Digital Card) yang ukuran kapasitasnya bisa mencapai 32 GB untuk ponsel saat ini. Jadi Menurut saya, kapasitas RAM 2 GB untuk ponsel sudah sangat memadai.

    BalasHapus
  3. Thanks komentarnya. Kalau saya pribadi tetap masih kurang. Ini aja saya pake Huawei P8lite tanpa BBM dan Facebook app, tetap ada lagnya.

    BalasHapus

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...