Sabtu, 17 Oktober 2020

Harga iPhone 12 Mini dan 12 Yang Ditampilkan Apple Ternyata Bukan Harga Bebas SIM Card

 


iPhone 12 series sudah dikenalkan Apple ke publik melalui acara virtual Hi Speed. Fitur iPhone 12 series juga telah dijabarkan, ada 4 jenis iPhone 12 series yang telah dirilis. Nah, harganya juga sudah diinfokan, bahwa iPhone 12 Mini dijual dengan harga mulai dari $699 dan iPhone 12 dijual dengan harga mulai dari $799. Tetapi, ternyata harga tersebut bukanlah harga iPhone 12 yang bebas SIM card, dalam artinya dipakai SIM card apa saja (unlocked).

Nah, konsumen di Amerika Serikat yang mencoba membeli ponsel tersebut ternyata mendapati bahwa harga $699 dan $799 itu adalah harga bundling dengan operator AT&T dan Verizon. Memang, Apple menulis harganya demikian tapi tidak dijelaskan bahwa itu adalah harga bundling dua operator di atas. Sehingga, konsumen seolah-olah merasa 'tertipu', dengan trik marketing Apple. Bila konsumen ingin tanpa bundling operator alias SIM free, konsumen harus menambah biaya $30. Harga $729 untuk iPhone 12 Mini dan $829 untuk iPhone 12 juga berlaku bila konsumen membeli melalui operator Sprint dan T-Mobile.

Wah, harga iPhone 12 dan 12 Mini yang dirilis global ternyata kurang transparan. Kira-kira nanti ada konsumen di AS yang bakalan protes tidak ya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...