Rabu, 28 Februari 2018

Windows Phone: Kemanakah dirimu, lama tidak terdengar kabarnya

Dua sistem operasi pada smartphone yang populer sampai saat ini hanya iOS dan Android, selebihnya kurang populer. BlackBerry yg sempat terkenal bahkan menyerah, beralih ke Android. Nah, yang berbeda sendiri, Windows Phone, ini juga suaranya sudah tidak terdengar lagi, sunyi.


Sempat menggunakan Nokia Lumia 520 yg bersistem operasikan Windows Phone 8 waktu itu, kalau saya bandingkan dengan iPhone saja, kemampuan Lumia masih kalah dibanding iPhone. Tampilan MetroUI di ponsel Lumia memang bagus, kotak-kotak ya, kadang bisa bergerak sendiri, saya juga suka, cuma menu-menu di dalamnya masih kurang lengkap, banyak batasan sehingga tidak transfer dsb. 

Setelah Nokia diakuisisi oleh Microsoft, nama ponselnya pun berubah, jadi Microsoft Lumia. Microsoft sempat merilis produk-produk Windows Phone lagi, sampai yang terakhir Lumia 950 XL. Melihat spesifikasinya sih memang bagus, tapi sayang dukungan aplikasi dan game tak bisa menyaingi iOS. Windows 10 Mobile yang menggabungkan desktop, tablet, dan mobile ke dalam satu sistem operasi tidak bisa menandingi dua rivalnya, Android dan iOS. Hal ini dibuktikan tidak adanya lagi smartphone Windows 10 Mobile setelah Lumia 950 XL, kemudian toko aplikasi Windows mobile saya lihat tidak ada perubahan banyak. 

Saya melihat Windows Phone tampaknya akan menjadi seperti nasib Symbian, yang sudah ditinggalkan untuk selamanya. Tampilan bagus, tapi sayang untuk dukungan aplikasi dan kemudahan dalam pengoperasian ponsel masih kurang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...