Selasa, 27 Februari 2018

Performa iPhone Turun Seiring Waktu: Sengaja diturunkan oleh Apple


Saya sebelumnya pake iPhone 5s, cuma nggak sampai 1 tahun saja. Update OS selalu berlanjut. Tapi di iOS 11 ternyata performa malah melambat dibanding iOS 10. Untuk beberapa iPhone semisal iPhone 6 jadi lambat performanya setelah lama dipakai dan update ke iOS versi lebih baru. Ternyata hal ini memang sengaja dilakukan Apple untuk menjaga supaya iPhone tidak mati mendadak.

Berikut pernyataan Apple di website nya:


A Message to Our Customers about iPhone Batteries and Performance

We’ve been hearing feedback from our customers about the way we handle performance for iPhones with older batteries and how we have communicated that process. We know that some of you feel Apple has let you down. We apologize. There’s been a lot of misunderstanding about this issue, so we would like to clarify and let you know about some changes we’re making.
First and foremost, we have never — and would never — do anything to intentionally shorten the life of any Apple product, or degrade the user experience to drive customer upgrades. Our goal has always been to create products that our customers love, and making iPhones last as long as possible is an important part of that.


Pengguna iPhone 6 bisa jadi lebih merasakan menurunnya performa. Di iPhone 5s saya saja waktu iOS 11 lebih lambat. User pun sudah menduga sengaja diturunkan agar user beli iPhone yang lebih baru. Di USA Apple bahkan harus menghadapi gugatan dari para pelanggannya yang kesal dengan menurunkan performa iPhone mereka. Di Indonesia sepertinya belum ada sampai begitu :-)

Saya sebagai pengguna iPhone sebelumnya juga tidak setuju kalau performa dibuat menurun. Apple sendiri tidak ada pemberitahuan sebelum menurunkan kinerja perangkat mereka, tahu-tahu update iOS baru, perfroma jadi turun. Bagi yang belum mengetahui persoalannya, yang sudah kesal mungkin, sudah beralih ke pabrikan ponsel lain atau membeli iPhone baru. Masih ada solusi lain di mana pengguna cukup ganti baterai iPhone, seperti yang diungkapkan oleh pengguna Apple @sam_siruomu di Twitter. Pengguna terseburt mengetes sendiri iPhone 6 miliknya, hasilnya performanya turun, kemudian digantilah baterainya, performa iPhone 6 miliknya kembali prima.

Sebagai permintaan Apple atas tindakan menurunkan kinerja iPhone, Apple memotong biaya penggantian baterai. Saya belum tahu apakah kebijakan tersebut berlaku juga di outlet-outlet seperti iBox, EMAX, yang ada di Indonesia. Yang jelas, menurut saya seharusnya Apple bisa membuat sesuatu yang lebih baik dibandingkan harus menurunkan performa iPhone. Kan ibarat seperti 'menyuruh' konsumen agar perlahan-lahan agar ganti iPhone lamanya dengan yang baru.





Sumber:
https://twitter.com/sam_siruomu/status/943400254451335168?ref_src=twsrc%5Etfw&ref_url=http%3A%2F%2Ftekno.kompas.com%2Fread%2F2017%2F12%2F30%2F15010057%2Fiphone-sengaja-dibikin-lambat-ini-penjelasan-apple-dan-solusinya

https://www.apple.com/iphone-battery-and-performance/

http://tekno.kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...