Jumat, 10 November 2023

Nokia 105 (2023): Punya fitur wireless radio

 











Saya kemarin beli ponsel fitur standar Nokia 105 (2023) Cyan. Pertimbanginnya adalah ponsel fitur standar cadangan apabila ponsel Android mengalami masalah dan saya juga kadang suka dengar radio.

Nokia 105 (2023) tampilan kecilnya mirip Nokia C100 9 tahun lalu, hanya saja kini hadir dengan pilihan warna yang lebih cerah, ada abu-abu gelap, cyan, merah. Nah saya pilih warna cyan. Dalam paket penjualannya hanya terdapat unit ponsel Nokia 105, baterai, kartu garansi, kertas petunjuk penggunaan ponsel dan charger (kini pakai bentuk microUSB). Tidak ada headset (saya menilai ponsel ini sudah dukung wireless radio, jadi tidak memerlukan headset lagi.

Desainnya kecil, ringan, ala ponsel zaman dulu, dengan layar TFT berwarna 1,77 inci. Teknologi GSM dual band 900 / 1800 MHz, jadi hanya bisa dipakai untuk telepon dan SMS saja. Fiturnya-fiturnya ada radio wireless, kemudian di software -nya juga sudah dibuat tombol kanan atas semacam shortcut untuk langsung aktifkan radio. Terdapat lampu senter di atsas. Meski tidak ada headset, Nokia 105 (2023) terdapat port jack audio 3,5 mm. Tidak ada istimewa selain fitur di atas. Ponsel Nokia 105 (2023) bisa diandalkan untuk mereka yang kebutuhannya hanya menelepon biasa, terima SMS dan kirim SMS serta dengar radio offline. Untuk kualitas suara cukup bagus dan kencang.

Ya, feature phone memang hampir ditinggalkan saat ini karena sebagian pengguna ponsel lebih memilih Android atau iOS. Selama 2G masih ada, tampaknya feature phone akan tetap ada terus, kecuali jika suatu saat nanti 2G distop layanannya. Bagaimanapun juga teknologi 2G masih dibutuhkan untuk telepon dan SMS hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...