Selasa, 14 November 2023

Bersama BRI: Menuju Digitalisasi Masyarakat Dalam Menatap Masa Depan Yang Cerah Dan Pasti

Mendekati ulang tahun bank BRI yang ke-128, bank BRI sudah melakukan berbagai berbagai perubahan, peningkatan kualitas layanan dan perbanyak fitur untuk mempermudah nasabah bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Ya, peningkatan layanan, perbaikan system dan peningkatan fitur tentunya mendorong nasabah agar lebih mempercayai bank di mana nasabah ini menyimpan dana dan bertransaksi dengan nyaman dan aman. Apalagi kemudahan fitur ini juga mendorong nasabah agar lebih aktif menggunakan layanan aplikasi perbankan melalui ponsel serta mengedukasi nasabah bagaimana cara memakai aplikasi, layanan bank, dengan aman, dalam satu genggaman.

Mari kita lihat apa saja yang dilakukan bank BRI dalam meningkatkan mutu layanan digital kepada nasabah-nasabahnya dalam rangka menuju digitalisasi BRI. Mengapa digitalisasi? Pertumbuhan penduduk membawa dampak meningkatnya penggunaan ponsel pintar. Bahkan, setahun lalu Menkominfo mencatat penduduk Indonesia sebanyak 89% atau 169 juta jiwa, sudah menggunakan ponsel pintar (Naomi Adisti, 5 Nov 2022. https://goodstats.id/). Ini merupakan peluang bagi bank BRI untuk membidik masyarakat yang belum mempunyai rekening bank agar bisa memiliki rekening bank dan bertransaksi dengan mudah hanya melalui telepon genggam.

 



 

Kantor Cabang Bank

Kantor cabang bank, merupakan kunci di mana bank bisa mendekatkan diri kepada Masyarakat. Di saat suatu kecamatan belum ada bank, Masyarakat yang ingin bertransaksi di bank atau ingin mendapatkan layanan yang mengharuskan ke kantor cabang tentunya menjadi batu sandungan. Di samping ongkos yang tidak sedikit, waktu juga akan terbuang. Kantor cabang bank BRI tersedia di berbagai tempat dan berjumlah ribuan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku masyarakat, kantor cabang bank BRI disusutkan. Sepanjang bulan Juni tahun 2023 saja, kantor cabang BRI kini sebanyak 7.980 unit. Jumlah ini sudah berkurang 229 unit dibanding tahun sebelumnya https://finansial.bisnis.com/read/20210722/90/1420425/dalam-setahun-jumlah-kantor-cabang-bri-bbri-susut-341-unit). Pengurangan kantor cabang bertujuan dalam menghemat biaya dan meningkatkan layanan yang lebih baik lagi. Nantinya bank BRI akan menerapkan lebih banyak lagi layanan self service di lokasi-lokasi yang sudah dipilih, sehingga memudahkan nasabah bertransaksi tanpa perlu mengantri panjang.

 

 



 

Aplikasi BRImo BRI

Jumlah pengguna ponsel pintar di Android hingga saat ini diperkirakan mencapai 88,06% (https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia). Artinya, sangat banyak penduduk Indonesia yang sudah mengenal ponsel pintar dengan system operasi Android, seharusnya, ada peluang bagi bank BRI utnuk mengedukasi nasabah maupun calon nasabah agar bisa memaksimalkan pemakaian ponsel pintarnya dengan memasang aplikasi Android Brimo.

Aplikasi BRImo BRI menyediakan berbagai fitur dan layanan  untuk mempermudahkan nasabah transaksi, semisal transfer uang ke sesame bank, antarbank bahkan hingga lintas negara bisa dilakukan aplikasi ini. Bagi nasabah yang mempunyai kartu Brizzi, bisa mengisi saldo dan update saldo melalui BRImo BRI tanpa dikenakan biaya. Dan yang lebih menarik, sekalipun calon nasabah belum punya rekening bank BRI, bisa dengan mudah membuka rekening bank BRI melalui aplikasi ini. Calon nasabah nantinya tinggal mendatangi kantor cabang BNI untuk pengambilan kartu ATM saja.

https://www.youtube.com/watch?v=dzf2FWQ2DJo

 





Kartu BRI Brizzi

Kartu Brizzi merupakan kartu serbaguna untuk nasabah bank BRI di mana kartu ini berfungsi seperti kartu ATM namun tidak memerlukan PIN dan penggunaannya tinggal tap di mesin EDC di saat nasabah berbelanja di supermarket atau transaksi di tempat yang menyediakan pembayaran untuk Brizzi. Untuk mengisis saldo juga mudah dan tersedia berbagai pilihan. Dari pengisian via mesin ATM, via aplikasi BRI Brizzi, sampai melalui marketplace juga bisa dilakukan. Berbeda dengan kartu ATM bank BRI, kartu BRI Brizzi punya limit maksimal 2 juta. Hal ini dikarenakan keamanan kartu BRI Brizzi lebih minim disbanding kartu ATM. 






Qlola

Qlola bisa dikatakan sebagai pahlawan UMKM. Layanan Qlola adalah inovasi baru dari bank BRI, berupa layanan platform untuk transaksi yang bisa digunakan untuk pelaku usaha, pebisnis, UMKM, dalam memantau setiap transaksi, memonitor aktivitasi bisnis, manajemen kas, investasi forex, ekspor impor. Ini tentu membantu sekali bagi UMKM, pebisnis kecil, maupun nasabah korporat dalam bertransaksi serta memantau aktivitas transaksinya hanya dalam satu layanan untuk semua.





ATM bank BRI

ATM Bank BRI tersedia di berbagai wilayah. ATM bank BRI kini juga sudah dilengkapi dengan mesin setor tunai. Fitur ini menguntungkan nasabah sehingga nasabah tidak perlu lama mengantri lagi di teller. Cukup menyiapkan dana dan memasukkannya ke dalam mesin setor tunai. Pada mesin ATM bank BRI juga tersedia fitur untuk mengisi saldo kartu Brizzi.

 

Itulah beberapa fitur yang disediakan bank BRI dalam menuju digitalisasi masyarakat Indonesia agar selalu aktif menggunakan ponsel pintar dengan benar dan berakvitas dengan mengandalkan aplikasi dan layanan prima bank BRI, kapanpun dan di manapun nasabah tersebut berada, akan selalu terkoneksi dan tercapai tujuannya. BRI untuk Indonesia, membangun negeri menjadi lebih mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...