Minggu, 02 April 2023

realme GT Master Edition: Android 13 realme UI 4.0, tampilan lebih oke

 

















Akhirnya saya putuskan upgrade software ponsel realme GT Master Edition saya jadi Android 13. Ya, kemarin saya sudah kasih info kalau ponsel saya terima pembaruan realme UI 4.0, Android 13, kapasitas 5,43 GB. Ini merupakan pembaruan mayor. Tepat, lebih dari setahun pakai ponsel realme GT Master Edition, baru mendapat pembaruan Android 13. Total sudah 2 kali pembaruan mayor, jika ponsel ini dijanjikan bisa mendapatkan pembaruan mayor 3 kali, maka suatu saat akan dapat pembaruan Android 14.

Android 13 dengan realme UI 4.0 terlihat lebih menarik, lebih segar, ada sebagian perubahan yang terlihat, baik dari sisi bentuk notifikasi bar, susunan opsi dalam menu setting, maupun tampilan animasi fast charging. Tampilan SuperDart kini menjadi warna biru muda bercampur biru tua. Lalu, ada yang menarik, icon baterai yang biasa bentuknya horizontal kini bisa diganti menjadi vertikal maupun bentuk donat. GT mode juga jadi berubah berwarna biru. Lalu ada ekspansi RAM virtual bertambah dari maksimal 5 GB menjadi 8 GB. Susunannya pun berubah angka, paling kecil 4 GB, di tengah ada 6 GB dan paling kanan 8 GB. 

Dari segi performa, ponsel saya masih berfungsi baik, tidak ada kendala dan hang. Fungsi-fungsi berjalan normal. Notifikasi bar berubah bentuk, kini bisa menampilkan di sisi kanan sedang memutar musik jika aplikasi musik sedang berjalan. Di bagian kiri atas dan kanan atas bentuk icon jalan pintas cepat menjadi sedikit lebih memanjang. Untuk tampilan kamera juga tidak banyak berubah.

Yang jelas di realme UI 4.0 saya merasa ada peningkatan performa multitasking aplikasi. Kesimpulannya, Android 13 dengan antarmuka realme UI 4.0 membawa berbagai perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...