Minggu, 20 November 2016

MIUI 8 di Xiaomi Mi 4c: Masih ada bug, kontak Google bisa hilang

 






Beberapa waktu lalu Xiaomi merilis MIUI 8 versi 8.0.5 untuk Mi 4c. Saya pun nggak mau ketinggalan, instal MIUI 8 yang versi 8.0.4. Bawaan firmware Xiaomi Mi 4c saya masih versi 7.0.4. Lihat dari cara-cara flashing di web MIUI. Pertama saya pake cara fastboot. Download firmware dari web MIUI kemudian masuk ke menu updater lalu pilih choose update package. Nah hasilnya ternyata "need instal File Explorer first", Saya juga nggak tahu kenapa ini, kayaknya bug dari sananya akrena meski udah ada file explorer atau file manager hasil download dari Play Store ternyata nggak mempan.
Cara kedua, saya pilih metode recovery, setelah file yang didownload tadi diubah namanya jadi "update", Copy file tersebut ke memori Mi 4c (di luar demua folder), saat pilih update system, ponsel pun bekerja upgrading. Waktunya kira-kira 15 menit. Ponsel akan booting selesai upgrade dan tampilannya akan ada perubahan setelah di MIUI 8.

Dari yang saya alami, ada bug yang mengganggu, seperti Google Play Store error. Kalau keterangannya "error retrieve infromation" biasanya nanti bisa normal kembali. Kalau udah "authentification required. You need to sign in to Google account" sudah repot. Kontak ponsel saya jadi menampilkan kontak BBM aja, Google account nggak muncul, kontak WhatsApp juga jadi hilang namanya. Yang begini sih saya bilang bug dari Xiaomi. Karena Mi 4c nggak resmi hadir di Indonesia, makanya firmware-nya versi Tiongkok meski ia stable.

Pada kasus Mi 4c saya, karena saya udah coba clear data, remove account, nggak ada hasilnya. Play Store tetep error, Gmail jadi nggak bisa terima pesan dan kirim pesan (error sync), saya factory reset. Hasilnya, luar biasa! Hilang semua tuh yang namanya Play Store, Google account, dan aplikasi yang berkaitan dengan Google account. Otomatis kalau kita langsung instal Play Store pas buka nggak akan mau. Diharuskan instal Google Installer v2 apk dulu, dari apliksai ini baru satu per satu instal Google Play Store, Google framework services, Google account manager, Google services> Nah setelah semua ada, Google Installer boleh dihapus. Saya coba buka Play Store, isi login akun saya, dan setelah sabar menunggu, berhasil. Akhirnya saya bisa akses Play Store lagi dan download-download. Pastikan juga di menu download bagian setting, ubah limit download jadi unlimited, karena kalau nggak, dia akan memaksa user aktifkan WiFi terus buat downloadnya.

Saya bilang sih karena Xiaomi Mi 4c ini nggak hadir di Indonesia, dia lebih dikhususkan di Cina. Jadi Play Store sebenarnya nggak ada. Kalau pada saat beli dicek sudah terinstal ada Play Store maka itu sudah diinstal oleh penjual atau teknisinya sebelum disegel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...