Rabu, 22 Februari 2017

Android Nougat di Xiaomi Mi 4c: Android N di MIUI 8.7.2.16

Akhirnya saya juga sempat coba Android Nougat di Xiaomi Mi 4c. Saya update dari rom developer official. Awalnya rom stable, saya update ke rom developer, berapa hari kemudian saya dapat notifikasi update system, ternyata itu Android N MIUI 8.7.2.16. 


Setelah di-update, ternyata nggak ada perubahan sama sekali, hanya beda MIUI dan Android OS saja. Fitur dan lainnya sama. Bagi yang sudah update ke Android N, di forum en.miui disebutkan bahwa di Android N, Google apps akan ada masalah. Benar saja, saya alami pop up - pop up seperti Google Play services is stopped. Di forum tsb ada langkah-langkah untuk dan urutan instal aplikasi Google yang harus dikerjakan kalau tidak mau ada masalah. Saya ikutin tuh langkah-langkah di sana, tapi Gmail saat diakses malah muncul keterangan kalau Gmail bermasalah dengan Google Play services. Pusing dah yang begini.

Seperti kata seorang member di forum itu, "Chinese rom is sucks". Saya juga setuju, nggak ssuka dengan Chinese rom, ribet, buat kepala pusing. Kalau mau yang lebih familiar, sebaiknya user pilih Xiaomi tipe yang ada rom globalnya. Rom global biasanya ada Play Store, Google Maps, Gmail, dsb, sudah menjadi aplikasi bawaan. Dengan demikian, user nggak akan pusing lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...