Kamis, 26 Mei 2022

Downgrade Software Di Ponsel realme

 




Setelah dipikir-pikir, akhirnya saya memutuskan downgrade ponsel realme GT Master Edition. 

Sebelum downgrade software, saya sudah cek di internet, mencari rom yang cocok untuk realme GT Master. Tidak satupun saya temukan file rom yang cocok. Ada file yang menurut saya untuk versi negara lain, jadi begitu dites file tersebut, ponsel gagal downgrade software dengan keterangan verifikasi gagal.

Akhirnya saya putuskan ke realme Service Center terdekat. Ternyata mudah, tanpa kartu garansi, hanya bermodalkan ponsel tersebut dan menunggu 30 menit proses downgrade software bisa dilakukan dan hasilnya sukses downgrade ke Android 11.

Nah apa yang berubah? Setelah saya cek versi software dari realme GT Master, ternyata turun ke versi RMX3363_11_A.08. Aplikasi Phone dan Message yang sebelumnya ada versi realme menjadi versi Google (aplikasi Phone versi Google tidak ada opsi rekam pembicaraan saat sedang menelepon). Kemudian, browser internet bawaan hilang, App Store bawaan hilang juga. Segala rekomendasi dalam menu Settings yang biasanya akan memunculkan iklan menjadi hilang. Jadi, ponsel menjadi fresh dengan UI mirip Google UI yang bersih tanpa iklan satupun dan tanpa icon-icon aplikasi dalam list Hot games yang biasanya akan muncul di homescreen tiap kali user reset all ponselnya.

Meski animasi dan warna-warni tidak seceria Android 12, namun setidaknya di Android 11 saat ini, sangat jarang sekali ada masalah dan isu-isu bug. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...