Minggu, 04 Desember 2022

Downgrade Software Lagi di realme GT Master Edition

 








Kemarin pagi, saya pergi ke realme service center di Roxy Mas dengan maksud downgrade software lagi untuk ponsel  realme GT Master Edition saya.

Ini menjadi kedua kalinya saya downgrade software. Sebelumnya 26 Mei 2022, saya juga sempat downgrade software ponsel saya dari baseband RMX3363_12_C.06 menjadi RMX3363_11_A.08, Android 12 menjadi Android 11. Nah yang jadi masalah, saya baru sadar di bulan November kalau rom ponsel saya ternyata pakai rom Brazil (ketahuan dengan cara tekan *#899#, kemudian cek opsi software, lihat di bagian operator region). Saat itu saya hanya tahu ini bukan rom Indonesia karena aplikasi utama phone dan message pakai buatan Google. Dari ikon aplikasinya saja sudah beda. Kemudian browser bawaan hilang, diganti Chrome.

Untuk kemarin, saya downgrade software lagi, tapi ternyata tidak bisa kembali ke Android 11 lagi, jadi hanya bisa di Android 12 namun dengan versi baseband RMX3363_12_C.07. Yang menarik adalah kini software ponsel realme GT Master jadi kembali pakai rom Indonesia lagi (ID). Phone, message, kembali pakai versi realme dan ada fitur realme Glance lagi.

Meski ada beberapa iklan yang muncul, terutama di aplikasi browser bawaan dan aplikasi bawaan lain, tapi menurut saya lebih baik rom ID ini. Ya, kemungkinan saya berencana bertahan di baseband RMX3363_12_C.07 jika tidak ada isu yang mengganggu. 😌


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...