Kamis, 03 Desember 2020

Realme 7: Performa oke, pengecasan cepat, fitur lengkap

 




Setelah dipakai lebih dari 11 bulan akhirnya saya memutuskan mengganti Oppo K3 saya dengan Realme 7. Realme 7, hmmm. Menurut saya Realme itu turunan dari Oppo, jadi software-nya itu kurang lebih akan sama dengan Oppo. Saya beli Realme 7 setelah mempertimbangkan dalam waktu kurang dari 5 jam. Kebetulan spesifikasi Realme 7 memenuhi ekspetasi saya.



Saya pilih Realme 7 tanpa lihat-lihat dulu review-nya, baca review-nya. Jadi langsung pilih. Nah, saat barang tiba, saya lihat kotak kemasannya menarik juga, warna polos kuning dengan kalimat Realme 7 di depan. Kalau Xiaomi biasnya bewarna oranye, Realme warna kuning, saya suka warna kotak kemasannya. 

Di dalamnya terdapat panduan manual yang sangat sedikit (makin ke sini menurut saya vendor ponsel hemat kertas, jadi mereka cetak secukupnya. Berbeda dengan di tahun 2008, biasanya panduan isi konten banyak). Ada kartu garansi, ya tanpa headset, hanya menyisakan unit ponsel Realme 7, charger 30W dan kabel datanya.

Ponsel Realme 7 di genggaman saya cukup pas, tidak berat. Sebelumnya saya pakai Oppo K3 juga biasa saja. Kalau saya bandingkan dengan Oppo K3, Realme 7 desain ponselnya lebih ramping, layarnya lebih memanjang ke atas. Saya suka dengan warna Mist Blue, warna cssing belakangnya itu biru gelap. Tombol volume ada di sisi kiri, power ada di sebelah kanan, yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Di bagian bawah ponsel, ada lubang speaker di kanan, tengahnya port USB Type C buat charge baterai, sebelah kirinya ads lubang mic dan port audio jack 3.5 mm. Slot kartu SIM ada di sebelah kiri bagian atas, tidak hybrid, jadi bisa memakai dua SIM card sekaligus dan microSD.

Untuk layar, ya meski LCD IPS, tampilan dan warna yang dihasilkan cukup oke. Karena layar IPS, fingerprint nggak ada di layar lagi. Realme 7 menempatkan sensor sidik jari di tombol power. Meski ruang sensor sidik jari jadi sedikit ya karena bentuknya tombol power yang didesain vertikal, kinerjanya cepat, unlock screen terbilang sangat cepet. Suara unlock screen sangat pelan jadi kalau user biasa pegang ponsel jaraknya 30 cm atau lebih dari kepala, suaranya tidak akan terdengar.

Fiturnya lengkap, yang saya suka dia dilengkapi NFC, lumayan ini. Kemudian speakernya juga kencang, notifikasi ada pesan WhatsApp masuk juga kencang (tergantung pilih tune-nya apa dulu ya). Kalau ada telepon masuk, bunyi ringtone yang dihasilkannya itu bunyinya dari pelan sampai kencang. Ponsel Oppo K3 saya tidak seperti itu. Mungkin Realme 7 didesain seperti itu.

Soal performa, ponsel Realme 7 bisa diandalkan, pakai ketik cepat, lancar, browisng internet, YouTube, Netflix, hasilnya bagus (tergantung sinyal operator selulernya). Soal main game Android, saya cuma tes 1 game saja, lancar, tidak panas juga.

Bicara kamera, saya lihat hasilnya kameranya terang dan bagus. Video yang dihasillan juga cukup bagus.


 

Apakah ada bug di Realme 7? Ada. Ghost touch. Ghost touch ini adalah kondisi di mana layar ponsel sentuhannya bergerak sendiri, entah scroll ke atas ke bawah, yang jelas bergerak secara sembarangan dan sentuhannya bisa sentuh apa saja yang asa di layar. Tidak heran kalau sering kali terjadi masuk ke aplikasi tertentu dan bergerak ke atas ke bawah tidak menentu. Saya alami ghost touch di hari kedua pemakaian ponsel. Setelah saya update software Realme 7, ternyata hari ketiga masih juga timbul kendala ghost touch, saya putuskan reset app dan data, ternyata berhasil. Masalah ghost touch hilang. Ya, semoga saja tidak kembali lagi.

Realme 7 sebagai ponsel menengah cukup menjanjikan dengan performa yang bagus, fitur lengkap, pengecasaan baterai juga cepat. Berdasarkan catatan saya sementara, rata-rata pengecasan baterainya tidak sampai 75 menit sudah penuh. Dengan harga di bawah 3,5 juta saja (online), user sudah bisa memperoleh Realme 7.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Awal Kenal Brand iQOO

  Selamat pagi, salam kenal, saya Niki, trOOps officer di iQOO trOOps Indonesia. Bulan April 2023 adalah awal di mana saya mengenal smartpho...